-->

Cara Membuat SIM C (2019) Di kota Malang dan sekitarnyaa


Cara Membuat SIM C  (2019)


Diera modern seperti ini , untuk melanjutkan hidup atau memenuhi kebutuhan sangat lah dibutuhkan transportasi . terutama transportasi yang mudah dan cepat. Oleh karena itu sudah lumrah jika anda memiliki kendaraan pribadi terutama Motor. 

Namun sering kali kalian terkena razia atau cegatan yang berdampak kalian ditilang karena tidak memiliki SIM. Banyak yang beranggapa mengurus SIM sangat lah sulit dan ribet dan memilih pada jalan pintas yaitu menyogok atau nembak SIM. Sebenarnya jalan pintas tersebut salah karena kalian telah melanggar hukum dan kerugian nya adalah biaya yang ditarik para calo mahal hingga 5 x lipat.
Nah oleh karena itu Kelasinformasi akah berbagi tips Cara membuat SIM C pada tahun 2019.

Tentunya kalian harus ke kantor SATGAS dahulu ya Gengs
SIM Dibagi menjadi beberapa Kategori yaitu
  • SIM A : Untuk pengendara roda 4 pengangkut penumpang atau barang umum
  • SIM B1 : Untuk pengangkut penumpang atau barang yang dengan jumblah beban lebih dari 3500 kg
  • SIM B2 : Untuk pengguna kendaraan alat berat, Kendaraan Penarik atau Khusus
  • SIM C : Untuk pengendara Roda 2 
  • SIM D : Untuk pengendara Khusus untuk penyandang disabikitas atau kebutuhan khusus
Yang kita bahas saat ini adalah untuk yang SIM C .. oke gaas

1.Antri Ambil nomer antrian Formulir Di SATGAS
Nah sebelum anda mendaftar , anda harus mengambil antrian formulir dahulu di SATPAS, Sebaiknya anda berangkat pagi pagi , karena formulir hanya dibatasi sekitar 25 saat hari itu. dan pendaftar biasanya lebih banyak. Dan setelah itu kamu akan dapat nomer antrian pengambilan formulir. Syarat untuk mengambil nomer antriannya adalah dengan membawa fotokopi ktp dan membawa ktp asli. Namun anda juga bisa mengantri secara online.

2. Tes Kesehatan
Setelah anda mendapat kan antrian nomer , Kamu harus ke tempat tes kesehatan yang disediakan oleh kepolisian. Biasanya dipinggir kantor atau di dalam kantornya. Peserta pengurus sim baru diwajibkan tes kesehatan di situ. Tetapi tenang saja tes kesehatannya mudah kok , hanya tensi darah, ukur berat badan, ukur tinggi, dan uji tes mata. Biaya tes kesahatan nya rp 20.000.

3. Mengisi Formulir
Sebelum kamu masuk ke kantor SATPAS untuk mengambil formulir dan mengisi formulir, kamu wajib membawa map dan alat tulis, dan isilah formulir sesuai ktp kamu. Bila ada yang tidak paham kamu sebaiknya bertanya kepada polisi yang bertugas disana. Kamu akan dikasi beberapa kertas formulir dan kamu harus mengisi nya dengan benar. Kalau kamu ada kekeliruan dalam indetitas kamu akan sulit untuk proses selanjutnya. Jadi kamu harus benar benar teliti pada tahap ini.

4.Scan tanda tangan dan Foto SIM
Setelah kamu mengisi formulir , proses selanjutnya adalah Scan tanda tangan dan foto SIM. Pastikan Wajah kamu pada saat itu dalam keadaan segar , karna foto SIM kamu akan berlaku 5 tahun. Giliran nya akan dipanggil polisi yang bertugas saat itu. Di proses scan tanda tangan kamu akan ditanyai lagi apakah data yang sudah dimasukkan sudah benar atau ada yang salah.

5. Menjalani Tes Komputer
Tahap selanjutnya adalah tes komputer atau tes tulis. Di 2019 untuk mempermudah proses tes tulis sekarang adalah menggunakan Tes Komputer. Nah disitu kalian diharuskan mendapatkan nilai diatas 80 , kalau tidak kamu harus mengulangnya di kemudian hari . Seminggu sesudah tes pertama gagal. Tips dari kita kamu sebaiknya sebelum tes membaca atau memahami tentang rambu rambu jalan. Dan yang paling penting gunakan headset karena petunjuk ada diheadset dan bacalah soal dengan teliti. Biasanya tes nya adalah dengan  ada video dan disuruh memilih tindakan tersebut benar apa salah. Tapi mudah kok. Jadi jangan khawatir.

6. Menjalani Tes Praktek
Nah menurut kami Kelasinformasi ini adalah tahapan paling sulit , karena apa kamu diwajibkan melintasi jalur yang sangat kecil. dan berkelok kelok . Jika keluar jalur 1 kali saja kamu diwajibkan mengulang satu minggu kemudian. Tapi menurut kami adalah hal tepat yang dilakukan oleh SATGAS karena dijalanan menyangkut nyawa orang, jadi Polisi tidak akan meluluskan pengurus SIM yang belum benar benar dapat mengendarai motor dengan baik karena akan fatal akibatnya.

Nah di tahap ini kamu di hadapkan dengan lintasan yang cukup sulit untuk pengendara pemula atau yang tidak begitu fasih mengendarai motor. Pertama kamu dihadapkan dengan jalur zig zag



Setelah melewati itu kamu Dihadapkan dengan jalur angka 8, Disini banyak pengemudi yang gagal karena jalur yang sempit. juga jika kamu menjatuhkan pembatas atau keluar jalur kamu dianggap gagal dan harus mengulanginya minggu depan




Namun jika kalian sudah fasih berkendaraan motor tentunya kalian sangat mudah melewati lintasan lintasan tersebut. Namun yang menjadi masalah adalah motor yang digunakan adalah motor yang disediakan petugas. jadi kalian harus benar benar paham kendaraan tersebut, biasanya kalian di kasih percobaan mengendarai dan menyesuaikan kendaraan yang disediakan.

7. Administrasi
Setelah anda lulus di ujian ujian tersebut kalian masuk kembali kedalam ruangan SATPAS. kalian isi data lagi . dan melapor sudah lulus ujian tulis dan ujian praktek dan kalian disuruh untuk membayar administrasi sebesar 100.000 untuk SIM C , Murah kan dibandingkan kamu mengurus Dicalo sebesar 600 itu mun cara ilegal dan bisa kena hukum jika ketahuan

8. Menunggu Sim Jadi
Nah keistimewaan kalian saat mengurus SIM sendiri dibandingkan menggunakan calon adalah disini SIM kalian akan langsung jadi pada saat itu juga setelah kalian melewati tahapan tahapan tersebut. Selain itu kalian hemat biaya. Namun juga butuh waktu tentunya

Nah itu lah tahapan tahapan membuat SIM C , Semoga bermanfaat bagi anda
Kritik dan saran kami tunggu yaaa
Semoga bahagia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Cara Membuat SIM C (2019) Di kota Malang dan sekitarnyaa"

  1. Aplikasi apa jika ingin daftar online.. sebab dulu pernh mau ngurus sim jam 9 pg pendaftaran hati itu udah di tutup

    ReplyDelete
  2. Aplikasi apa jika ingin daftar online.. sebab dulu pernh mau ngurus sim jam 9 pg pendaftaran hati itu udah di tutup

    ReplyDelete
  3. Ga bisa online kk. Harus datang pagi jm 6 an untuk ambil nomor antrian

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Ads

Ads

Iklan Bawah Artikel