-->

5 Hal Unik Colosseum (Gladiator dan Gerbang kematian)

KelasInformasi

Selamat sore ..
Kota Roma adalah kota sekaligus comune Khusus di negara italia. Kota ini juga merupakan ibukota italia dan regio dari Lazio. Dengan penduduk yang padat sekitar 3 juta orang dalam wilayah 1285km2 ., Kota ini dianugrahi sebagai kota terpadat ke 4 menurut populasi garis kota , 

Selain merupakan kota yang sangat padat , Dikota ini terkenal akan kota yang sangat padat akan budaya lho, yaitu tentang sejarah peradapan kunonya. Dahulu bangsa Roma ini dijuluki sebagai Bangsa Romawi, Bangsa besar peradabannya kala itu. banyak juga peninggalan bersejarah maupun budaya bangsa roma

Salah satunya adalah bangunan megah Colosseum. Apakah anda pernah mendengarnya?. ya, benar Bangunan tersebut merupakan salah satu warisan yang diakui UNESCO dan juga masuk 7 keajaiban dunia . Menarik Bukan mugkin seru bila kita bahas fakta faktanya , yuk kita bahas. Cekidot..


Colossus Of Nero

(The Colossus Of Nero) yang terletak disamping bangunan aphiteater colosseum merupakan asal usul nama dari Aphiteater Colosseum , patung ini di setinggi 130 kaki atau 40 meter. Patung ini sebagai pemujaan terhadap dewa matahari .Ahli mengatakan Bahwa patung itu terbuat dari tembaga.  Dan merupakan Patung yang istimewa pada saat itu.

KelasInformasi

Pembangunan Colosseum

Colosseum merupakan amphitheater peninggalan Kerajaan Romawi, Pembangunan ini Dimulai pada tahun 72 masehi dibawak Kaisar Vespasianus dan diteruskan juga diresmikan Titus yang menyelesaikan pembangunannya ditahun 81 Masehi. Butuh waktu kurang lebih 9 tahun untuk menyelesaikan bangunan megah dan berseni tinggi tersebut. Memang usaha tak menghianati hasilnya, Bangunan tersebut sampe saat ini merupakan amphiteater terbesar. Konon Vesparianus ingin membuat arena lokal , atau pertunjukan gladiator secara gratis , sebagai hiburan bagi rakyat Romawi pada saat itu. Menurut cerita tidak ada biaya masuk untuk melihat pertunjukan tersebut dan diberikannya makanan. Sangat bijaksana bukan.

Colosseum saat ini masih berdiri walau sedikit ambruk karna dihantam gempa bumi besar. Untuk pembangunanya sendiri 60 ribu budak yahudi digunakan untuk membangun Colosseum. Ratusan ahli batu ukir ,insinyur, seniman, pelukis, dan Ahli banguna terlibat untuk membangun arena lokal gladiator yang mewah, megah , berartistik sangat tinggi. 

Bangunan Colosseum dibangun menggunakan campuran kerikil, pasir ,batu dan air. Blok travertine digunakan untuk dermaga dan arcade . Dermaga dan dinding ditingkat yang lebih rendean dengan tufa. Untuk membuat tingkat yang lebih tinggi dan kubah nya menggunakan bata beton dan tufa. Tak hanya itu Klem logam digunakan untuk membuat blok besar juga marmer dan semen untuk membuat hiasan nya . sangat mewah bukam

Peresmian Colosseum

Setelah bangunan ini di bangun dalam kurun waktu 9 tahun. bangunan ini diresmikan dan dibuka untuk umum oleh Titus , Dan akhirnya menjalankan sebagai mana fungsinya yaitu tempat bertarung nya gladiator. Lalu hari hari yang menyeramkan itu tiba, disaat peresmian peresmian banyak hewan buas di pertarungkan dengan budak budak juga tahanan yang dihukum mati. Bagi mereka rakyat romawi saat itu merupakan seni . maklum mereka lebih menyukai seni pertarungan . sampai sampai mereka lebih menukai show extream tersebut dibandingkan yang menunjukan romance atau gaya percintaan saat itu, mungkin selera mereka unik sekali dari pada kita.

Gladiator

Bagi mereka yang sering nonton film, terutama film bergenre action atau juga bertema Romawi pasti tau akan sosok Gladiator. Gladiator selama ini terkenal sebagai ahli pedang , Kesatria, Petarung kuat, atau sebagainya . Menurut cerita Gladiator memang petarung di colossum , konon mereka sampai mati untuk membuktikan bahwa mereka tangguh, juga bukan pengecut dan tiada rasa takut. mereka biasa nya bertarung secara berkelompok atau tak jarang juga mereka satu lawan satu. tak ada kata keroyokan dalam kamus bangsa romawi. sebenarnya tidak hanya budak budak dan orang dihukum mati yang menjadi gladiator, 50 persen mereka gladiator merupakan bangsa romawi sendiri yang berasalan untuk ekonomi atau eksis tensi. Tapi pastinya hanya lelaki tangguh yang ingin bertarung dengan Gladiator lain.

KelasInformasi

Gerbang Kematian

Dimasa itu colosseum berfungsi sebagai menyajikan pertunjukan dan hiburan rakyat romawi. Pertarungan antar gladiator, Penghukuman bagi terpidana mati, pertunjukan tentang binatang buas. tentang keagamaan, pesta kemenangan dll . Karna digunakan untuk hal yang kadang berbau darah .Maka tidak heran Amphiteater ini menyimpam kenangan kenangan kelam juga menakutkan. Salah satu hal menakutkan adala tentang gerbang kematian . Gerbang kematian ini terletak di bagian pintu keluar sebelah barat dari colosseum. Dijuluki sebagai Gerbang kematian karen semua gladiator yang tewas saat bertarung akan dilewatkan khusus ke pintu ini. Dengan cara diseret atau ditandu mereka di hormati karena menurut masyarakat Romawi mereka adalah pemberani . Sebaliknya yang merasa ketakutan akan kekalahan atau kematian , mereka akan dicaci dan dilempari buah atau makana sebagai ejekan terhadap pecundang. Miris ya

KelasInformasi


Oke mungkin itu saja yang kita bahas tentang "Colosseum"
Miris dan menyeramkan bukan , namun seru juga untuk kita bahas
Jangan lupa mampir lagi yaa
Semoga bahagia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Hal Unik Colosseum (Gladiator dan Gerbang kematian)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Ads

Ads

Iklan Bawah Artikel