-->

5 hal menarik Raja Ampat (Surganya laut indonesia)

Raja Ampat  (Surganya laut indonesia)


Raja Ampat ? Mungkin kalian pernah mendengarkan nya. Terutama bagi pecinta pantai dan keindahan bawah laut pastinya.Kabupaten Raja ampat Terkenal akan keindahan Pantai juga bawah lautnya , tak heran banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. walaupun Raja ampat terletak diindonesia bagian paling barat dan jauh dari pulau jawa .

Raja ampat terkenal akan keindahan alamnya , bukan itu saja makanan khas dan keunikan alam lainnya menjadi hal seru untuk kita bahas, Jadi simak ya, Selamat membaca



Kondisi Geografis Raja ampat Dan kehidupan Masyarakat

Letak Geografis
Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai. Kabupaten ini memiliki 610 pulau, termasuk kepulauan Raja Ampat. Empat di antaranya, yakni Pulau Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo, merupakan pulau-pulau besar. Tak heran banyak spot pulau menarik disini. Mungkin bisa disebut surganya penikmat pantai, Bawah laut , dan juga senja. Kenapa senja? Pasti seru tuh bersunset ria disana.

Kabupaten Raja Ampat adalah kabupaten yang wilayahnya sebagian besar terdiri dari gugusan pulau pulau yang terletak pada posisi 20 25’ Lintang Utara - 40 25’ Lintang Selatan dan 1300 - 1320 55’ Bujur Timur. Kabupaten ini memiliki luas wilayah ± 6.084,5 km2. Secara administratif batas wilayah kabupaten Raja Ampat dibatasi oleh :
  • Sebelah Utara         : Samudera Pasifik.
  • Sebelah Selatan      : Laut Seram.
  • Sebelah Barat          : Laut Seram, Kabupaten Halmahera Tengah Provinsi Maluku Utara
  • Sebelah Timur          : Distrik Sorong Barat Kota Sorong, Distrik Aimas, Distrik Seget, Kabupaten Sorong dan Laut Seram
1. Kehidupan Masyarakat

Kalau membahas asal usul nama "Raja Ampat" banyak versi mengenai nama tersebut , namun dimasyarakat meyakini asal nama tersebut dari legenda yang menyebutkan seorang wanita yang telah menemukan tujuh butir telur , dan empat butir diantaranya menetas menjadi pangeran yang kuat dan pintar  , mereka lalu berpisah dan masing masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat , menarik bukan ?

Penduduk Asli dikabupaten tersebut terdiri dari banyak suku adat, Suku adat tersebut telah mendiami wilayah kepulauan Tersebut maupun juga ada yang bermigrasi dari pulau sekitarnya .  Contohnya adalah suku biak, suku tepi, suku Matbat dan masih banyak lagi

Kehidupan masyarakat di kabupaten ini
Raja Ampat, surga kecil di timur Indonesia yang merupakan salah satu wilayah kepulauan di Tanah Air. Ini menjadikan warganya menggantungkan hidup di laut. Baik Orang tua dan anak muda menggantungkan kehidupan mereka dilaut dengan memancing atau pun menjadi tour guide untuk mencukupi kehidupan mereka sehari hari.Di beberapa pulau kecil, warga biasanya berkumpul di sebuah dermaga saat pagi hari. Mereka bercengkerama satu sama lain. jadi mereka tidak bisa terlepas dari kehidupan laut.

2. Desa wisata , Spot Diving yang asik - Desa Arbotek



Desa Wisata arbotek
adalah desa yang patut Anda kunjungi. Hanya berjarak satu setengah jam dari Pulau Waisai, Ibukota Kepulauan Raja Ampat, Kabupaten Papua Barat, Indonesia.jadi desa ini sedang menunggu Anda untuk datang ke tempat ini.


Apakah anda pernah mendengar nya ?, atau mungkin anda sudah pernah kesana?
Memang , Desa arbotek merupakan bagian dari kabupaten raja ampat tak heran memiliki keindahan laut yang sangat luar biasa, Namun Desa arbotek adalah spot diving yang paling terbaik di raja ampat. anda juga bisa berenang bersama ikan pari didesa ini , dengan kedalaman sekitar 20m , anda juga harus memilik teknik menyelam yang baik juga.

Desa ini sebenarnya tidak terlalu luas dan itu keuntungan anda , anda dapat mengelingi desa tersebut dalam waktu singkat, begitu pula dengan keiindahan bawah lautnya. anda juga tidak perlu sampai ke tengah laut untuk menemukan keindahan nya, penduduk disini terkenal ramah nya mereka juga kreativ membuat kerjinan untuk mencari nafkah. jadi bila anda memerlukan oleh oleh disini tepatnya

3. Pulau Keren yang hanya berpasir putih - Pasir Timbul



Kedahsyatan pemandangan bawah laut dari kabupaten raja ampat pun mempunyai pesona yang lain lho, Bukan kuliner atau pun budaya . pesona tersebut tidak kalah menariknya dari pemandangan bawah laut juga. Keajaiban alam yang berupa pasir timbul tehampar mencolok seperti pecahan pecahan belong , yang tertepa sinar dan muncul pada saat tertenu saja yaitu pada saat laut yang sedang surut. Di kabupaten ini banyak sekali karna letak geografisnya yang terdapat banyak pulau kecil kecil. Biasanya, pasir ini akan menonjol di waktu siang hari. Kisarannya, mulai pukul 11.00 WIT siang sampai puul 15.00 WIT sore. Ini juga menjadi pertimbangan jika ingin singgah ke pasir timbul.. Kalau dari Waisai, jaraknya bisa ditempuh mulai 30 menit sampai 1 jam. Tergantung dari kecepatan kapal yang ditumpangi. Namun biaya mengunjungi ini lumayan besar budget nya, jadi pikir pikir dahulu deh  

Dengan kedahsyatan pemandangan bawah lautnya, Raja Ampat pun mempunyai pesona lain yang tidak kalah menariknya dari atas permukaan lautnya. Di situ adanya keajaiban alam, yang berupa pasir timbul terhampar mengkilat seperti laksana pecahan-pecahan beling, yang tertepa sinar. Dan akan muncul pada waktu-waktu tertentu saja. Yaitu pada laut yang sedang surut.



4. Makanan Khas Raja Ampat

Wisata yang indah pastinya memiliki ciri khas tersendiri dalam hal makanan Kuliner yang tentu akan membuat liburan anda semakin asyik . Di kabupaten Raja ampat ini juga menyimpan banyak kuliner yang tentunya wajib anda coba lho , lalu apa saja itu ?

  • Sate Ulat Sagu
  • Ikan Bakar Manokwari
  • Ikan Bungkus khas papua
  • Martabak Sagu
  • Udang Selingkuh
  • Papeda
Namun bagi untuk umat muslim harus memperhatikan makanan tersebut halal apa tidak, tapi tak usah kawatir banyak makanan khas Raja ampat yang halal kok. jadi santai dan tenang saja


5. Budget yang harus anda siapkan




Budget per orang untuk land trip ke Raja Ampat bisa menghabiskan Rp12.000.000, dan untuk diving bisa lebih mahal. Walaupun begitu, biaya tersebut cukup terbayarkan, kok dengan keindahan alam Papua yang begitu cantik. Raja Ampat termasuk kabupaten baru di Indonesia. Wilayah yang terletak terpencil di Papua Barat ini belum berusia 10 tahun. Banyak infrastrukturnya yang belum memadai. Meskipun masih berusia dini, Raja Ampat mampu menyedot wisatawan mancanegara.

Jadi sekian dulu pembahasan kita tentang Raja ampat

Apakah anda berniat mengunjungi raja ampat? jadi mulai menabung yaa
Semoga bahagia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "5 hal menarik Raja Ampat (Surganya laut indonesia)"

Iklan Atas Artikel

Ads

Ads

Iklan Bawah Artikel